Daily Bread (7 Juni 2017 11:44 AM +8)

Banyak hal dan ucapan syukur yang saya panjatkan kepada Tuhan hari ini karena kemahakuasaannya yang nyata atas pekerjaan dan kehidupan saya hari-hari. Sudahkah anda bersyukur hari ini?

33754-bible1200-800w-tn.jpg

Renungan Hari Ini : Kejadian 2

Kej 2:1-2  Mengingatkan saya bahwa bekerja butuh istirahat juga. Ada waktu menanam, ada waktu menuai, dan ada waktu untuk relax. Kadang manusia suka ekstrim. Ekstrim kerja keras atau ekstrim malas. Wah, semoga kita bukan salah 1 nya yaa.

Saya selalu suka hari Minggu dari kecil, selain banyak cartoon, libur sekolah dan bertemu teman-teman di Sekolah Minggu, guru Sekolah Minggu selalu mengajarkan bahwa hari minggu hari kudus yang penuh berkat. Semoga saya juga tetap semangat menyongsong hari Minggu bukan sebagai hari libur, tapi hari penuh berkat!

Di ayat ke 8-14, perikop “Manusia dan Taman Eden” membuat saya terkagum akan kebaikan Tuhan. Apa yang kurang dari Taman Eden? Makanan, minuman, emas, batu-batu mahal juga ada di situ. Terpujilah Tuhan yang selalu ada dan peduli atas kehidupan kita.

Tujuan Adam juga jelas tertulis di ayat ke15 yaitu “untuk mengusahakan dan memelihara taman itu”, yang jelas bersinergi dengan renungan di Kejadian 1 yaitu “penuhilah bumi dan taklukanlah itu”. Tujuan itu masih dibebankan ke kita hingga sekarang. Mengusahakan selakigus memelihara. Seberapa banyak kita mengusahakan saja tanpa memelihara? #renunganhariini

Saya selalu merasa Tuhan itu sangat sistematis kerjanya sehingga ia membuat peraturan dengan berkat/hukuman. Sama seperti Adam yaitu jangan memakan buah pengetahuan yang baik dan jahat atau kamu akan mati (Kej 2:16-17).

Tuhan kita juga Tuhan yang perhatian (Kej 2:18&20) sehingga Tuhan memberikan Hawa (perempuan) untuk Adam. Fungsi tugas Hawa adalah “penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”. Kata kuncinya adalah penolong yang sepadan. Sudahkah kita menjadi penolong untuk ‘Adam’ kita? #renunganhariini

Tugas pertama Adam juga jelas di tulis di ayat ke 19-20 yaitu memberi nama segala ternak. Tugas yang tidak gampang sehingga bisa di tarik kesimpulan Tuhan memberikan Adam hikmat luar biasa sehingga tidak ada 1 pun binatang yang namanya sama. Bisa memikirkan nama binatang sebegitu banyaknya juga adalah hal yang luar biasa kalo menurut saya. Terpujilah nama Tuhan!

Proses pembuatan Hawa dimulai ketika Allah mengambil tulang rusuk Adam saat ia tidur, membuat saya berfikir bahwa Allah benar-benar menginginkan pasangan pernikahan yang menjadi 1 dalam Tuhan. Pada ayat ke 23 di tekankan kembali oleh Adam mengenai hal ini. Benar kata Alkitab bahwa membangun rumah tangga setelah pemberkatan nikah bukan hal yang mudah karena bukan lagi 2, melainkan 1 dalam Kristus.

.W.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s